Indonesia Kekurangan Tenaga Ahli IT : Tantangan dan Peluang

oleh -588 Dilihat
oleh
Indonesia Kekurangan Tenaga Ahli IT : Tantangan dan Peluang
Indonesia Kekurangan Tenaga Ahli IT : Tantangan dan Peluang - Foto Dok Kominfoberita

Jakarta, Klikinfoberita.com – Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hedi M. Idris, mengungkapkan bahwa Indonesia akan mengalami kekurangan tenaga ahli di bidang teknologi informasi (IT) hingga tahun 2030 mendatang. Dalam sebuah webinar bertajuk “Techno Talk: How AI Transform the World,” Hedi menjelaskan bahwa berdasarkan riset, Indonesia berpotensi kekurangan hingga 9 juta tenaga ahli IT jika tidak ada tindakan khusus.

Menurut Hedi, perkiraan jumlah lulusan di bidang ilmu komputer, seperti S1 dan S2, mencapai sekitar 4,5 juta orang per tahun. Sementara itu, lulusan SMK yang relevan dengan IT mencapai 1,8 juta per tahunnya. Namun, jumlah lulusan ini belum mampu memenuhi kebutuhan yang mencapai 9 juta orang.

Oleh karena itu, Hedi mengajak para siswa dan peminat IT untuk mempertimbangkan pendidikan di bidang komputer, khususnya dalam konteks kecerdasan buatan (AI) yang saat ini sedang populer. Meskipun terdapat kekhawatiran bahwa AI dapat menggantikan pekerjaan manusia, Hedi optimis bahwa AI akan menciptakan pekerjaan baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Dalam menghadapi tantangan ini, Hedi memberikan beberapa pesan kepada calon ahli IT. Pertama, ia menekankan pentingnya belajar computer science dengan sungguh-sungguh. Kemudian, ia menyarankan untuk memperdalam kemampuan teknis yang diperlukan dalam bidang IT, seperti pemrograman dan pemikiran logis.

Selain itu, Hedi menganggap kemampuan sosial sebagai hal penting. Karena banyak pekerjaan di bidang IT dilakukan dalam tim, kemampuan komunikasi dan kerja sama yang baik sangat diperlukan. Selain itu, ahli IT juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif karena industri ini terus berubah dan menuntut solusi inovatif.

Dengan mengejar pendidikan dan pengembangan keterampilan yang tepat, individu dapat mempersiapkan diri untuk mengisi kekosongan dalam industri IT yang akan terus tumbuh di Indonesia. Selain itu, perkembangan teknologi yang cepat dan peran penting AI dalam berbagai sektor akan membuka peluang pekerjaan yang menarik di masa depan.

Dengan demikian, Indonesia perlu terus mendorong pendidikan dan pelatihan di bidang IT, sekaligus mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam era transformasi digital yang semakin berkembang pesat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.