Sistim Pelayanan Publik Pro Aktif Investasi dan Inovasi

oleh -1153 Dilihat
oleh
POS INDONESIA

KLIKINFOBERITA.COM – Pos Indonesia merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan Pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan Perseroan Terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan persero.

Berdiri pada tahun 1746, saham Pos Indonesia sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir, tetapi juga jasa keuangan, ritel, dan properti, yang didukung oleh titik jaringan sebanyak lebih dari 4.000 kantor pos dan 28.000 Agen Pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Alaku

Berdasarkan Anggaran Dasar PT. Pos Indonesia (Persero) yang tercantum dalam Akta Notaris Sutjipto, SH nomor 117 tanggal 20 Juni 1995 yang telah beberapa kali diubah terakhir dengan Akta Notaris Nomor 2 Tanggal 3 Juli 2018 dibuat dan disampaikan oleh Aryanti, S.H., M.Kn. Notaris di Jakarta, perusahaan bertujuan untuk menyelenggarakan usaha pelayanan jasa pos dan giro bagi masyarakat baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia. PT Pos Indonesia (Persero) senantiasa bertekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga mampu turut serta memajukan perekonomian nasional melalui paduan layanan yang diberikan hingga ke seluruh pelosok negeri Hingga saat ini, PT Pos Indonesia (Persero) melaksanakan kegiatan pos dengan bertumpu kepada tiga bisnis inti yaitu layanan pengiriman surat dan paket, logistik, jasa keuangan, serta bisnis tambahan yaitu bisnis teknologi informasi dan bisnis ritel dan properti.

Produk dan Jasa

1. SURAT DAN PAKET

Layanan ini meliputi pengiriman surat dan paket ke area dalam negeri dan internasional. Secara spesifik, layanan surat dan paket adalah sebagai berikut :

· Layanan surat dan paket dalam negeri Layanan pengiriman surat dalam negeri mencakup pengiriman surat dengan berat maksimum 2 kg dan tujuan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan pengiriman paket dalam negeri mencakup pengiriman de-ngan berat > 2 kg – tidak terbatas (unlimited)

· Pos Express merupakan layanan premium milik PT Pos Indonesia (Persero) untuk pengi-riman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim dokumen, surat, paket serta barang dagangan online.

· Surat Pos Biasa (Standar) Layanan pengiriman dokumen, surat, dan kartu pos untuk semua lapisan masyarakat menggunakan prangko sesuai dengan tarif yang berlaku untuk wilayah tertentu. Kemudahan akses dan jangkauan pelayanan. Surat Pos Biasa dapat dikirim melalui loket Kantorpos mana saja.

· Paketpos Biasa, adalah layanan pengiriman paket dengan tarif paling ekonomis. Pengiriman barang melalui Paket pos Biasa menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

· Pos Kilat Khusus merupakan layanan milik Pos Indonesia untuk pengiriman aman dan cepat dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk me-ngirim dokumen, surat, paket serta barang dagangan online.

· Pos AdMail adalah unit bisnis yang dihadirkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk memberikan dukungan nyata bagi business – customer. Kehadiran unit khusus ini, selain sebagai jawaban atas tantangan bisnis yang dihadapi, sekaligus memberikan solusi terintegrasi bagi para pelanggan korporat.

2. JASA KEUANGAN

Melalui jaringan yang luas dan tersebar hingga ke pelosok negeri, layanan jasa keuangan PT Pos Indonesia (Persero) dapat menciptakan financial inclusion bagi unbanked population di Indonesia. Program financial inclusion ini ditujukan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan layanan jasa keuangan. Peningkatan akses masyarakat kepada layanan jasa keuangan tersebut memerlukan koordinasi lintas sektoral yang melibatkan otoritas perbankan, jasa keuangan non bank, dan instansi lainnya. Layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) adalah sebagai berikut.

Weselpos merupakan layanan pengiriman dan penerimaan uang yang memberikan solusi terhadap kecepatan, ketepatan dan keamanan kiriman uang, secara domestik (nasional) maupun luar negeri (internasional). Layanan remitansi terdiri dari beberapa spesifikasi produk sebagai berikut:

1) Layanan Domestik (Nasional)

· Weselpos Instan

Layanan pengiriman uang ke seluruh Indonesia secara online real-time, dapat di layani di 4.543 Kantorpos online, pembayaran menggunakan PIN dan NTP yang dikirimkan langsung oleh Pengirim kepada Penerima.

· Weselpos Prima

Layanan pengiriman uang ke seluruh Indonesia dengan meng-gunakan surat pemberitahuan yang diantar oleh Kantor pos tujuan kepada penerima

· Weselpos Transfer Tunai (Cash To Account)

Layanan transfer uang secara online real-time melalui loket Kantorpos dengan tujuan transfer ke semua rekening bank.

· Weselpos Kemitraan

Layanan pengiriman uang kerja-sama dengan pihak lain, di-lakukan berdasarkan perjanjian kerjasama dengan tarif dan laya-nan sesuai kesepakatan.

2) Layanan Luar Negeri (Internasional)

Layanan pencairan dan pengiriman uang dari dan ke luar negeri kerjasama dengan beberapa bank dan Money Transfer Operators (MTO), dapat di layani di 4.543 Kantor Pos online:

·

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.