Menteri Perhubungan Ajak Generasi Muda Jadi Pelopor Peduli Keselamatan Jalan

oleh -580 Dilihat
oleh
Menteri Perhubungan Ajak Generasi Muda Jadi Pelopor Peduli Keselamatan Jalan
Menteri Perhubungan Ajak Generasi Muda Jadi Pelopor Peduli Keselamatan Jalan - Foto Dok Kemenhub

Jakarta, Klikinfoberita.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub pada Kamis (14/9), mengajak generasi muda di Indonesia untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Dalam pidatonya, Menhub menekankan pentingnya perilaku berkendara yang berkeselamatan dan memperingatkan tentang tingginya kejadian kecelakaan lalu lintas yang masih terjadi di Indonesia.

“Para pelajar harus menjadi contoh yang baik dalam perilaku berkendara yang berkeselamatan. Kita melihat kejadian kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi. Tentu kita tidak ingin saudara-saudara kita mengalami kecelakaan akibat tidak disiplin dalam berlalu lintas,” ujar Menhub.

Alaku

Menteri Perhubungan menjelaskan bahwa kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan, terutama yang melibatkan usia pelajar dan remaja. Tujuannya adalah agar anak-anak muda memiliki kesadaran dan kepedulian serta membentuk karakter dan budaya yang mengutamakan keselamatan.

Selain itu, Menhub juga mengingatkan tentang komitmen negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2021-2030 untuk mengurangi angka kematian dan luka-luka akibat kecelakaan di jalan sebesar 50%. Setiap negara diminta untuk mengambil langkah konkret guna meningkatkan keselamatan jalan.

Dalam acara tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno juga turut berbicara. Kemenhub memberikan penghargaan kepada sejumlah pelajar dan pelatihan keselamatan berkendara melalui kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional, Indonesia Youth Road Safety Warriors, serta Special Safety Riding Training bagi Dishub se-Jabodetabek.

Pemilihan ini melibatkan juri dari sejumlah praktisi di bidang keselamatan jalan. Proses pemilihan berlangsung mulai 11 hingga 13 September 2023, dengan jumlah peserta sebanyak 51 siswa dari 20 provinsi. Mereka diberikan pembekalan materi yang mencakup perilaku berkeselamatan jalan, public speaking, sosialisasi sekolah Kementerian Perhubungan, motivasi, pengembangan diri, manajemen kampanye keselamatan, safety riding, peran PT. Jasa Raharja dalam penanganan korban kecelakaan lalu lintas, dan masalah narkoba di kalangan remaja.

Para pemenang dalam pemilihan pelajar pelopor keselamatan tahun 2023 juga diumumkan dalam acara tersebut. Juara pertama diraih oleh Muyaras Laila Wibowo dari MAN 1 Surakarta dengan judul karya tulis tentang Monitoring Driver Fatigue for Motorist Safety Melalui Deteksi Denyut Jantung Menggunakan Arduino Uno. Juara kedua diraih oleh Daffa Anestha Candra dari SMA IT Murul Ilmi Kota Jambi dengan karya tulis SOCar Prototype: Smart Sensor in Car Prototype untuk Meningkatkan Keselamatan dalam Berkendara. Juara ketiga diraih oleh Chattama Albiantoro dari SMAN 1 Pontianak dengan judul karya tulis ASISTEN (Advanced Simulator Safety Technology) untuk Indonesia Emas.

Selain itu, ada juga penghargaan untuk kategori Sosial Budaya dan Teknologi. Juara pertama kategori Sosial Budaya diraih oleh Saliha Umri dari SMA Laboratorium Unsyiah, Aceh, dengan judul karya tulis AKSIRA (Animasi Komik Islami Bersuara) Sebagai Media Edukasi Keselamatan Lalu Lintas. Juara pertama kategori Teknologi diraih oleh Putri Nurhalizah Ahmad dari SMAS Al Azhar Mandiri, Palu, dengan judul karya tulis Mekanisme RYGB (Red, Yellow, Green, And Blue) untuk Pencegahan Dampak Kecelakaan Lalu Lintas.

Selain para pemenang, juga diumumkan Pembina Terbaik Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nasional Tahun 2023. Juara pertama diraih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, juara kedua oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan juara ketiga oleh Provinsi Aceh.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh terkait, seperti Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Inspektorat Jenderal Kemenhub Arif Toha Tjahjagama, Staf Khusus Menteri Perhubungan Budi Setiadi, Kakorlantas POLRI Irjen (Pol) Firman Santyabudi, Presiden Indonesia Road Safety (IRSP) Elly Adriani Sinaga, serta perusahaan-perusahaan yang mendukung acara ini, seperti PT. Jasa Raharja, PT. Pertamina Patra Niaga, PT. SGMW Motor Indonesia, PT. Hino Motor Sales Indonesia, PT. Musim Mas, PT. Astra Honda Motor, PT. Yamaha Motor Mfg, dan Grab Indonesia. Dengan semangat keselamatan sebagai fokus utama, generasi muda di Indonesia diharapkan dapat menjadi pelopor dalam menjaga keamanan berlalu lintas di negara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.