Jokowi Respons Isu Bakal Kembali Reshuffle Kabinet

oleh -596 Dilihat
oleh
Presiden Joko Widodo. ( poto :dok)

Jakarta, Klikinfoberita.com- Isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali mengocok ulang atau reshuffle kabinet kembali mengemuka. Jokowi kemudian menjawab isu tersebut.
Jokowi tidak menjawab secara lugas mengenai isu reshuffle. Ia justru bertanya balik kepada wartawan yang meminta komentarnya soal isu reshuffle.

“Dengar dari mana?” kata Jokowi saat ditanya wartawan soal isu reshuffle setelah acara Istana Berbatik yang digelar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (1/10).

Alaku

Isu reshuffle ini mencuat saat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo diduga terseret kasus korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo tahun 2020-2022.

Nama Dito belakangan menjadi sorotan usai Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan menyebut bahwa dia telah menyerahkan uang sejumlah Rp27 miliar ke seseorang bernama Dito Ariotedjo.

Pernyataan Irwan muncul saat sidang lanjutan setelah Ketua Majelis Hakim Fahzal Hendri mencecar dia terkait pengeluaran dana yang coba dilakukan untuk menutupi kasus dugaan korupsi. Dito diduga sebagai pihak terakhir yang diberikan uang puluhan miliaran dalam rangka pengaman kasus tersebut.

Irwan mengungkapkan uang puluhan miliar itu dititipkan melalui seseorang bernama Resi dan Windi untuk diberikan ke Dito.

Selain ke Dito, Irwan juga mengaku pernah memberikan Rp15 miliar kepada Edward Hutahaean dan seseorang bernama Wawan sebanyak dua kali pemberian sebesar Rp30 miliar.

Jokowi terakhir kali merombak jajaran kabinetnya pada Juli lalu. Saat itu, Jokowi melantik satu menteri baru dan lima wakil menteri (wamen), serta dua anggota dewan pertimbangan presiden (wantimpres) di Istana Negara.

Mereka yakni Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G Plate yang tersandung kasus hukum.

Kemudian Paiman Raharjo yang dilantik menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggantikan posisi Budi Arie. Lalu posisi Wamenkominfo oleh Nezar Patria, Wakil Menteri Luar Negeri oleh Pahala Mansury.

Selanjutnya Wamen BUMN oleh Rosan Roeslani, Wamenag oleh Saiful Rahmat Dasuki menggantikan Zainut Tauhid Sa’adi, serta Wantimpres Djan Farid dan Gandi Sulistiyanto, sehingga kini jumlah anggota Wantimpres kembali lengkap sembilan orang.(cnn)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.