Ini Tiga Pesan Menkeu saat Pelantikan 937 Pejabat Kemenkeu

oleh -560 Dilihat
oleh
Ini Tiga Pesan Menkeu saat Pelantikan 937 Pejabat Kemenkeu
Ini Tiga Pesan Menkeu saat Pelantikan 937 Pejabat Kemenkeu

Jakarta, kiinfoberita.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan tiga pesan penting kepada pejabat Kementerian Keuangan yang dilantik pada Senin (18/9) di Aula Dhanapala, Jakarta. Pertama, Kementerian Keuangan sebagai bendahara negara akan dihadapkan pada berbagai tantangan. Keuangan negara memiliki fungsi yang sangat strategis untuk menjawab tantangan tersebut. Sehingga, seluruh pejabat yang dilantik harus bersinergi dan berkolaborasi untuk mencapai cita-cita Indonesia.

“Di mana pun Anda sekarang ini ditempatkan, baik dari sisi penerimaan, belanja, pembiayaan, kekayaan negara, maupun fungsi lain di dalam Kementerian Keuangan adalah merupakan satu kesatuan Kementerian Keuangan. Bendahara negara yang memiliki tugas tanggung jawab yang luar biasa penting, mengelola keuangan negara sebagai instrumen mencapai cita-cita negara. Selalu memiliki sikap, mental bekerja sama, saling menghormati, saling mempercayai, saling menjaga,” kata Menkeu.

Kedua, Menkeu meminta seluruh jajaran Kemenkeu untuk siap menghadapi perubahan, seperti yang disebabkan oleh teknologi digital, perubahan iklim, pandemi, maupun perubahan politik, dengan terus belajar dan melakukan adaptasi.

“Perubahan adalah keniscayaan. Oleh karena itu, institusi Kementerian Keuangan harus makin memiliki jajaran yang mampu melihat seluruh perubahan dengan cara melihat atau optik sebagai sebuah tantangan sekaligus kesempatan. Artinya, jajaran Kementerian Keuangan tidak boleh berhenti belajar dan beradaptasi,” ujar Menkeu.

Ketiga, Kementerian Keuangan adalah organisasi besar dengan yang kompleks dan memiliki tanggung jawab yang sangat beragam. Menkeu mengatakan adanya mutasi, rotasi, dan promosi merupakan bagian dari kebutuhan organisasi, pembelajaran, dan upaya untuk memahami fungsi-fungsi lain yang ada di Kementerian Keuangan.

“Kebersamaan dan kesatuan adalah keharusan dan kebutuhan. Namun, itu tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Kebersamaan dan kesatuan Kementerian Keuangan hanya bisa terjadi apabila orang-orang yang berdiri di depan saya ini adalah mereka yang mampu untuk memahami bahwa organisasi kita saling membutuhkan masing-masing unit,” kata Menkeu.

Menkeu berharap seluruh pejabat Kemenkeu dapat menjalankan tugas dengan mengedepankan integritas dan profesionalitas sesuai peraturan perundang-undangan, menjaga etika jabatan, dan menjadi role model bagi anak buahnya.

“Semua posisi dan jabatan di Kementerian Keuangan adalah penting. Dia memiliki dampak bagi kemaslahatan rakyat Indonesia. Anda diberikan kepercayaan negara untuk mengembannya. Jangan kecewakan negara, bangsa, dan rakyat Indonesia. Jalankan tugas dengan sepenuh hati, dengan passion yang tinggi, dengan kecintaan untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia melalui Kementerian Keuangan. Selamat bertugas, selamat menjaga profesionalitas Anda, selamat menjaga integritas Anda,” ujar Menkeu.

Sebanyak 937 pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan dilantik pada hari ini, terdiri dari 1 orang pejabat Eselon I, 2 orang pejabat Eselon II, 356 pejabat Eselon III, 382 pejabat Fungsional Ahli Madya, 194 pejabat Eselon IV, dan 2 pejabat pada unit non Eselon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.