Indonesia Selenggarakan AFMGM ke-2, Ini yang Dibahas

oleh -665 Dilihat
oleh
Indonesia Selenggarakan AFMGM ke-2, Ini yang Dibahas
Indonesia Selenggarakan AFMGM ke-2, Ini yang Dibahas

Jakarta, Klikinfoberita.com – Indonesia menggelar pertemuan ke-2 para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (AFMGM) di ASEAN. Diadakan di Jakarta pada 22 s.d. 25 Agustus 2023, pertemuan yang menjadi pertemuan penutup ini akan menegaskan perwujudan komitmen dan kolaborasi untuk menjaga stabilitas ekonomi kawasan.

Pertemuan AFMGM ke-2 ini dihadiri oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari sembilan negara ASEAN yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Republik Demokratik Rakyat Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Selain itu, sesuai dengan ASEAN Leaders Statement on the Application of Timor-Leste for ASEAN Membership in November 2022, ASEAN turut mengundang Timor-Leste untuk berpartisipasi sebagai pengamat.

Alaku

Rangkaian pertemuan AFMGM ini juga akan dihadiri perwakilan dari enam organisasi internasional yaitu Asian Development Bank, ASEAN+3 Macroeconomic Research Office, International Monetary Fund, Financial Stability Board, Bank for International Settlement, dan World Bank, serta mitra strategis yaitu Australia dan European Union.

Pertemuan AFMGM kali ini bertujuan untuk memantau dan memperbarui perkembangan capaian-capaian dalam Priority Economic Deliverables (PED) dan untuk mendiskusikan isu-isu terkini yang menjadi perhatian utama bagi negara-negara anggota ASEAN. Adapun tiga PED di bawah kerangka kerja sama sektor keuangan terdiri dari mendorong pemulihan dan memastikan stabilitas dan ketahanan keuangan dan ekonomi (recovery-rebuilding), memajukan konektivitas pembayaran, mendorong literasi dan inklusi keuangan digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif (digital economy), dan mempromosikan pembiayaan transisi untuk mendukung keuangan berkelanjutan dan ekonomi hijau (sustainability).

AFMGM diharapkan dapat menghasilkan berbagai kesepakatan yang dituangkan dalam Joint Ministerial Statement (JMS), yaitu dokumen resmi hasil pertemuan yang mencatat perkembangan berbagai inisiatif, kesepakatan bersama terkait rencana aksi dan tindak lanjut untuk kerja sama keuangan di ASEAN. Hasil diskusi dari agenda-agenda pertemuan AFMGM ke-2 akan diwujudkan dalam upaya kerja sama antara Kementerian Keuangan RI dan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi di kawasan ASEAN melalui koordinasi kebijakan dan pertukaran informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.