Festival Larungan Resmi Dibuka oleh Bupati Seluma

oleh -762 Dilihat
oleh
Festival Larungan Resmi Dibuka oleh Bupati Seluma
Festival Larungan Resmi Dibuka oleh Bupati Seluma

Seluma, Klikinfoberita.com – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE didampingi Wakil Bupati Drs. Gustianto membuka Calender of Event 2023 Festival Larungan di Pantai Pandan Sari Desa Penago I Kecamatan Ilir Talo, Jum’at (28/7/2023).

Kegiatan yang dikoordinir oleh Dinas Perikanan dan Disnakertrans Kabupaten Seluma ini mengambil tema, ” Membawa Berkah dari Laut untuk Kesejahteraan Nelayan”.

Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma, Forkopimda Seluma, Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, BPJS Seluma, Baznas, Ketua organisasi Wanita di Kabupaten Seluma (TP PKK, GOW, DWP dan Persit), tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta masyarakat Kecamatam Ilir Talo.

Kepala Dinas Perikanan Zuraini, SP, M.Si didampingi Kepala Dinas Nakertrans Rosdiana, S.Sos, M.Si
dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Festival Larungan ini.

“Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Festival Larungan ini adalah lomba mewarnai tingkat PUD/TK/RA, lomba masak olahan ikan antar PKK kecamatan di wilayah Kabupaten Seluma, dan lomba permainan song”, ujarnya.

Kepala Desa Penago I Rustam Effendy dalam sambutannya menyampaikan larungan ini merupakan acara syukuran tahunan yang selalu diperingati pada tanggal 10 Muharram atau Bulan Suro.

Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Seluma yang telah mengangkat acara ini menjadi sangat meriah menjadi Festival Larungan.

Bupati Seluma Erwin Octavian dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah mensukseskan Festival Larungan ini.

“Alhamdulillah festival Larungan yang masuk dalam agenda Calendar of Events Seluma tahun 2023 ini berlangsung meriah, kegiatan ini selain untuk mempererat tali silaturahmi juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat nelayan yang ada di Desa Penago 1 dan sekitarnya, atas rezeki melaut mereka selama ini dari sang pencipta, semoga melalui kegiatan ini mendukung program visi misi kita mewujudkan Seluma Berbudaya dan Beragama,” ucap Erwin Octavian.

“Semoga seni budaya yang ada di Desa Penago 1 ini berupa Paguyuban Kesenian Jaranan Campursari Turangga Manik Seta, Sarafal Anam, tari dan pencak silat yang ditampilkan hari ini, tetap terjaga kelestariannya”, lanjut Bupati.

Kemudian dilanjutkan dengan acara Larungan (sedekah laut), sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan kepada sang pencipta Allah SWT.

Sebelumnya acara Larungan ini ada beberapa acara yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Desa Penago 1 sejak hari Kamis malam kemarin, diantaranya Yasinan dan Kenduri, memohon doa keselamatan kepada Allah SWT.

Kemudian Bupati Seluma membagikan Bendera kepada masyarakat dalam rangka Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih menjelang HUT RI tanggal 17 Agustus 2023, bantuan 15 paket sembako dari Baznas, 10 paket sembako dari Pemerintah Kabupaten Seluma, bantuan pengobatan gratis untuk 1 orang warga, dan pemberian sertifikat bagi para nelayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.