Permudah Kerja Jurnalis, Media Center Sediakan Internet Cepat

oleh -634 Dilihat
oleh
Permudah Kerja Jurnalis, Media Center Sediakan Internet Cepat
Permudah Kerja Jurnalis, Media Center Sediakan Internet Cepat

Jakarta, Klikinfoberita.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan fasilitas untuk mempermudah kerja jurnalis peliput Konferensi Tingkat Tinggi Ke-43 ASEAN 2023. Selain beroperasi selama 24 jam pada 5 – 7 September 2023, Media Center KTT Ke-43 ASEAN juga dilengkapi dengan fasilitas ruang kerja (co-working space), media lounge, pusat layanan informasi, dan layar untuk memantau rangkaian agenda KTT.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan jaringan internet cepat juga tersedia dan bisa dimanfaatkan jurnalis.

Alaku

“Kominfo bekerja sama dengan Telkom menyiapkan jaringan internet yang mumpuni dengan coverage sinyal 5G berkapasitas 10 Mbps. Tersedia juga 240 komputer LAN Workstation dengan dedicated connection 1,5 giga byte per second (Gbps),” jelasnya di Media Center KTT ke-43 ASEAN, di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (02/09/2023).

Menurut Dirjen Usman Kansong, kapasitas jaringan telah disesuaikan dengan kebutuhan jurnalis pengguna. Bahkan, Kementerian Kominfo bersama Telkom juga menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi selama KTT ke-43 ASEAN pada tanggal 2 s.d 8 September 2023.

“Sudah disiapkan jaringan backup untuk mitigasi gangguan telekomunikasi. Kalau misalnya ada masa peak penggunaan jaringan telekomunikasi, akan ditambah lagi kapasitasnya. Backup kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan misal ada jalur kabel putus, itu sudah disiapkan, ada mitigasinya,” jelasnya.

Kementerian Kominfo juga menyediakan distribution dedicated International Broadcast Center untuk memenuhi kebutuhan media penyiaran. Selain itu, pengguna media booth yang membutuhkan penambahan kapasitas jaringan internet bisa langsung menghubungi Ruang Kontrol Telkom yang ada di media center.

“Proses permintaan penambahan kapasitas bandwidth bisa dibicarakan di media booth saat awal registrasi. Ada ruang kontrol Telkom kalau perlu penambahan bandwith,” tutur Dirjen Usman Kansong.

Dirjen IKP Kementerian Kominfo menekankan kembali media center yang terletak di Hall B Jakarta Convention Center tersebut bisa menampung maksimal hingga 2.500 orang per hari. Media center beroperasi pada pukul 8.00 pagi hingga pukul 22.00 malam untuk memberikan keleluasaan media, khususnya media asing.

“Media center bisa juga buka 24 jam jika teman-teman membutuhkan. Kalau kapasitas tempat duduk media center seluruhnya itu 2.500, kita siapkan untuk awak media yang bertugas meliput dengan mempertimbangkan mobilitas jurnalis dalam meliput gelaran internasional ini,” ungkapnya.

Dirjen Usman Kansong menyatakan jumlah komputer yang tersedia di mediaa center lebih dari 100 unit. “Kita siapkan karena penggunaannya bisa bergantian. Yang pasti untuk jurnalis yang menggunakan laptop pribadi juga ada kabel LAN atau WiFi yang bisa diakses,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.