Istana Radja Mangkoeto

oleh -504 Dilihat
oleh
Istana Radja Mangkoeto Tahun 1880

KLIKINFOBERITA COM, – Abdoel Gani Radjo Mangkoeto (lahir di Koto Gadang, Agam, 1830 – meninggal di Koto Gadang, Agam, 29 Januari 1907 pada umur 90 tahun)

Beliau adalah seorang saudagar Minangkabau pada masa Hindia Belanda. Pada zamannya beliau merupakan pengusaha besar dan orang terkaya di Sumatra Tengah.

Alaku

Pada tahun 1857, pemerintah Belanda mendirikan gudang kopi di Bukittinggi. Berat dugaan gudang tersebut dikelola dan dipimpin oleh Abdoel Gani. Berkat usaha mengelola gudang kopi, dalam jangka waktu yang tak begitu lama, Abdoel Gani mampu mengumpulkan kekayaan yang cukup besar.

Usahanya bertambah maju ketika ia memenangkan tender untuk pengangkutan kopi di Sumatra Tengah. Sejak itu ia menjadi pengusaha yang berpengaruh, dan menjadi pesaing berat pengusaha-pengusaha Belanda dan Tionghoa.

Dari usaha pengangkutan kopi, ia kemudian mengembangkan sayap dengan membuka perusahaan jasa pengangkutan jemaah haji ke Mekkah.

Karena memiliki pengaruh dan jaringan yang cukup luas, Abdoel Gani banyak menempatkan saudara, ipar, besan, dan anak-anak nagari Koto Gadang lainnya dalam beberapa jabatan penting di Sumatra Tengah.

Secara tidak langsung, ia juga berperan dalam memberikan jalan kepada generasi Koto Gadang selanjutnya, untuk mencicipi pendidikan dan menduduki posisi elit dalam pemerintahan Indonesia.(ptS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.