Dinasperpusda dan Kerasiapan Prov Bengkulu Gelar “ Seminar Peningkatakan Kapasistas SDM Kearsiapan”

oleh -199 Dilihat
oleh
Dinasperpusda dan Kearsiapan Provinsi Bnegkulu Menggelar Seminar Nasional Kearsiapan. (poto: yusrizal)

Bengkulu,Klikinfoberita.com- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu menggelar ‘Seminar Nasional Tentang Kearsiapan’ bertempat di satu hotel di kawasan Pantai Panjang Bengkulu, Jum’at 29 September  2023.

Usai membuka seminar nasional tersebut, Kadis Perpusda dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi,MPd  mengatakan, seminar ini membahas dua topik penting, yaitu  “Peningkatan Kapasitas SDM Kearsipan” dan “Storyline Diorama Internasional Famawati Soekarno.”

Alaku

Dikatakannya,  betapa pentingnya pengelolaan arsip yang efisien dan berkualitas tinggi dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang baik, yakni menjaga integritas dan akuntabilitas lembaga pemerintah,kearsipan yang tertata dengan baik adalah fonapadasi untuk tata kelola yang efisien dan transparan.

Selain itu melalui pelatihan dan pendidikan yang tepat, sumber daya manusia dapat menjadi lebih kompeten dalam manajemen arsip.

Menurut Meri Sasdi, penggunaan sistem digital dan otomatisasi dapat mempermudah pengelolaan arsip dan peningkatan efisiensi. Serta pentingnya melestarikan sejarah dan budaya daerah melalui pelestarian arsip. “ Arsip-arsip ini adalah jendela ke masa lalu yang berharga bagi para generasi mendatang,” katanya.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah diwakili staf ahli gubernur, Murlin Hanizar dalam sambutannya mengatakan, peran arsip dalam mempertahankan identitas dan sejarah daerah, serta bagaimana ini dapat memengaruhi pembangunan masa depan. Beliau juga memberikan apresiasi kepada semua peserta yang hadir dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang kearsipan.

Selain tu, melalui seminar ini juga menjadi forum yang penting untuk mendiskusikan pengembangan “Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno.”

“Dalam konteks ini, para peserta dapat memahami sejarah dan budaya Bengkulu melalui inovatif diorama yang telah dibuat untuk mengenang jasa Fatmawati Soekarno,”ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya seminar ini diharapkan pemahaman tentang pentingnya kearsipan dan pengembangan pembangunan diorama akan semakin meluas. Dan akan tercipta kolaborasi yang lebih erat dalam pelestarian sejarah dan budaya Bengkulu. “ Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini.dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini,” tegasnya.

Sebagai nara sumber pada  kegiatan Seminar Nasional, yakni  Storyline Guru Besar llmu Sejarah UNPAD Prof. Dr. Nina Herlina, MS, Masa Prasejarah & Masa Kerajaan/ Dosen UNPAD & UINFas Dr. Etty Saringendiyanti & Arum Puspitasari, MA.Masa Kekuasaan Orang Eropa/ ANRI Dr. Rudy andi Syahputra , M. A ,Masa Pergerakan Pemerintah Jepang/ Dosen UNPAD Dr. Miftahul Falah M. Hum Pemaparan Masa NKRV Dosen UINFas Ahmad Abas Musofa, M.Ag

Biografi Ibu Fatmawati Soekarno Dr. Miftahul Falah, M. Hum./ Dosen Unpad .Dr. Maryam M. Hum/ Dosen UIN 15.

Sedangkan  pengantar Sosial Budaya Bengkulu, Dr. Etty Saringendyanti, M. Hum/ Dosen Unpad, Budimansyah, S.T. M.Hum; Arum/ Mahasiswa $3 UNPAD 10’Arum Puspitasari, M.A/ Dosen UIN Fatmawati

Juga dihadiri  keluarga Ibu Fatmawati dalam memory keluarga Ir. Maulana Singgedekane / Ketua Yayasan Fatmawati. (yrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.