5 Sayuran yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Urat, Nggak BIkin Kambuh

oleh -157 Dilihat
oleh
Ilustrasi Sauran

Jakarta,Klikinfoberita.com – Asam urat dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan radang sendi yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan parah. Umumnya, asam urat menyerang jempol kaki, tetapi kondisi ini juga dapat memengaruhi bagian lain, seperti jari kaki, lutut, atau tumit.
Gejala atau ‘serangan’ asam urat ini terjadi ketika ada terlalu banyak asam urat dalam darah.

Asam urat sendiri sebenarnya merupakan produk limbah yang dibuat tubuh secara alami. Asam urat juga diproduksi ketika seseorang mencerna makanan tertentu, termasuk makanan yang tinggi purin.

Alaku

Namun, kondisi ini dapat dikontrol dengan mengonsumsi makanan yang rendah purin, termasuk berbagai jenis sayuran tertentu. Lantas, sayuran apa saja sih yang dapat membantu mengontrol asam urat?

Dikutip dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah 5 sayuran yang baik untuk asam urat.

Sayuran Berdaun Hijau Tua
Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, kangkung, dan sawi merupakan sayuran yang rendah purin dan tinggi vitamin dan mineral. Jenis sayuran ini adalah pilihan yang bagus untuk diet ramah asam urat.

Asparagus
Asparagus adalah sayuran rendah purin yang tinggi vitamin dan mineral. Penelitian telah menunjukkan bahwa asparagus tidak meningkatkan risiko asam urat atau asam urat yang berulang.

Kembang Kol
Kembang kol adalah sayuran rendah purin yang kaya akan vitamin dan mineral. Kembang kol juga kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, yang menurunkan stres oksidatif dan keberadaan radikal bebas dalam tubuh kita, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita asam urat.

Brokoli
Brokoli rendah purin dan mengandung senyawa bermanfaat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Brokoli juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin C dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan dan berpotensi mengelola asam urat.

Timun
Timun adalah sayuran yang rendah purin dan tinggi air sehingga dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh. Sayuran ini hanya mengandung 7,3 miligram purin dalam setiap 100. Alhasil, timun merupakan pilihan yang baik untuk mencegah asam urat. (suc/suc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.