warga Bengkulu ramaikan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor

oleh -272 Dilihat
oleh
Ribuan warga Bengkulu ramaikan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor
Ribuan warga Bengkulu ramaikan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor

Kota Bengkulu, Klikinfoberita.com – Ribuan masyarakat Bengkulu mengikuti acara hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu guna mengurangi polusi sekaligus mempertahankan kualitas udara terbersih nomor satu di Indonesia.

“Kota Bengkulu telah dipilih sebagai kota yang terbersih kualitas udaranya, mengalahkan Bogor, Surabaya, dan seluruh kota lainnya di Indonesia. Untuk mempertahankannya, jangan ada yang bakar bakar sampah dan memulai kegiatan untuk mengurangi menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Kota Bengkulu, Ahad.

Alaku

Ia menyebutkan kegiatan hari bebas kendaraan akan dilakukan setiap Minggu. Oleh karena itu ia mengajak masyarakat Kota Bengkulu sama-sama mempertahankan status tersebut dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

 

Untuk rute hari bebas kendaraan dimulai dengan melakukan kegiatan jalan kaki dari Mapolresta Bengkulu menuju Bundaran Fadhilah depan BI, lanjut melintasi jalan Zainul Arifin menuju masjid Jamik atau persis di depan SMPN 1 Kota Bengkulu.

 

“Dengan kegiatan ini harapannya akan berkurang kendaraan yang berlalu lintas di Kota Bengkulu baik roda dua maupun roda empat dan mudah-mudahan Kota Bengkulu akan terus menjadi daerah dengan kualitas udara terbaik dan terbersih di Indonesia,” ujarnya.

 

Karena itu Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk hadir pada kegiatan tersebut.

 

Sebelumnya Kota Bengkulu mendapatkan predikat kota paling bersih kualitas udara se-Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)Kota Bengkulu Riduan menyebutkan capaian ini menunjukkan bahwa udara di Kota Bengkulu dikategorikan baik. Sebab menurut nilai Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Bengkulu rata-rata bernilai 10 hingga 20, namun dapat berubah setiap harinya.

 

“Meskipun demikian warga Kota Bengkulu diimbau juga untuk menanam pohon serta menjaganya, karena keberadaan pohon sangat mempengaruhi kualitas udara di suatu wilayah,” ujarnya.

 

Kualitas udara Kota Bengkulu yang bersih tersebut juga didukung oleh masih banyaknya taman wisata alam di wilayah tersebut serta masih banyaknya pohon jenis mahoni yang berada sepanjang jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.