Menkeu Bakal Bagi-bagi Rp71 T ke Desa Tahun 2024

oleh -628 Dilihat
oleh
Ancaman dalam UU ASN No 20 Tahun 2023 membuat Sri Mulyani

Jakarta, klikinfoberita.com – Pada 2024, pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menyalurkan dana desa sebesar Rp 71 triliun dengan target 75.000 desa. Hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Tahun ini kita ada terobosan dana desa yang desanya sendiri mencapai 75.000 desa,” ungkap Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Luky Alfirman, Selasa (17/10/2023)

Alaku

Kebijakan dana desa diarahkan kepada tiga hal. Pertama, melanjutkan kebijakan pengalokasian Dana Desa sesuai UU HKPD, melalui pengalokasian berdasarkan formula dan alokasi tambahan tahun berjalan berdasarkan kriteria kinerja tertentu dan pengalokasian mempertimbangkan kinerja desa dalam pengelolaan Dana Desa.

Kedua memberdayakan masyarakat dan mendukung pembangunan keberlanjutan fokus dan prioritas pemanfaatan Dana Desa, dalam rangka dukungan penanganan kemiskinan ekstrem max. 25% melalui BLT Desa,dukungan program ketahanan pangan dan hewani min. 20%, dukungan program pencegahan dan penurunan stunting dan dukungan program sektor prioritas di desa melalui bantuan permodalan BUMDes, serta program pengembangan desa sesuai potensi dan karakteristik desa.

Ketiga adalah memperbaiki penyaluran dan mendorong perbaikan tata kelola Dana Desa. Langkah yang ditempuh yaitu memisahkan penyaluran Dana Desa earmarked/nonearmarked berdasarkan kinerja pelaksanaan, penyaluran Dana Desa secara langsung dari RKUN ke RKD dan pemberian reward berupa percepatan penyaluran Dana Desa untuk desa berstatus Mandiri.

Kemudian mengalokasikan tambahan Dana Desa untuk Desa yang berkinerja baik di setiap kabupaten/kota dan penerapan sanksi berupa penghentian penyaluran Dana Desa terhadap desa bermasalah atau terdapat penyalahgunaan Dana Desa. ( kib )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.