Masjid Jamik bengkulu Atau dikenal Masjid Soekarno.

oleh -179 Dilihat
oleh

KLIKINFOBERITA COM, – Masjid Jamik Bengkulu adalah salah satu masjid cagar budaya bersejarah di Kota Bengkulu. Masjid Jamik Bengkulu yang saat ini merupakan salah satu karya arsitektur oleh Soekarno selama masa pengasingan di Bengkulu ketika di renovasi pertamakalinya Masjid ini memiliki corak arsitektur Jawa (Masjid Demak) dan Sumatra (Minangkabau). Oleh karena itu, Masjid Jamik Bengkulu juga terkenal dengan julukan ‘Masjid Bung Karno’.

Singkat Sejarah
Kedatangan Soekarno
Di awal tahun 1930, Gubernur Jenderal Hindia Belanda de Jonge mengeluarkan kebijakan baru dalam mempersempit ruang gerak kaum pergerakan di bidang politik. Kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Jenderal yaitu larangan berkumpul dan melakukan rapat dengan hukuman pelanggar berupa hukuman buang.

Alaku

Ir. Soekarno, salah satu tokoh pergerakan dihukum buang akibat melanggar peraturan yang dikeluarkan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Ia bersama keluarga dibuang ke Flores pada 1930, lalu dipindahkan ke Bengkulu pada 1938.

Saat itu, masyarakat Bengulu menginginkan perbaikan masjid ini. Pada saat yang sama, Soekarno membantu masyarakat merancang arsitektur masjid ini. Di awal perencanaan, Soekarno meminta persetujuan kaum-kaum berpengaruh di sana. akhirnya Soekarno dapat mewujudkan rancangan arsitektur Masjid Jamik Bengkulu.

Struktur bangunan masjid tidak berubah banyak. Sebagian struktur masjid masih dipertahankan, kecuali dinding dan lantai, masing-masing ditinggikan 2 dan 30 meter. Hal lain yang dirancang oleh Soekarno adalah bagian atap dan tiang masjid.Sumber Cagar budaya Bengkulen.(ptS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.