Jokowi Bujuk ASN Pindah ke IKN dengan Insentif: Ada Rumah Dinas hingga Tunjangan Kemahalan

oleh -585 Dilihat
oleh
Presiden Jokowi

Jakarta,Klikinfoberita.com- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan insentif untuk aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, sudah disiapkan. Ia meminta ASN berjiwa pionir dan bersedia ditempatkan di IKN.

“Sudah disiapkan insentif, kalau ga ada ini alot pasti, tapi kalau ada insentif kan beda,” kata Jokowi dalam pidato pembukaannya di Rapat Koordinasi Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 3 Oktober 2023.

Rumah dinas hingga tunjangan kemahalan

Jokowi menyebutkan akan ada insentif seperti rumah dinas, rumah tapak, maupun apartemen. Ia juga menyebut akan ada tunjangan suami-istri hingga tunjangan kemahalan. Presiden dalam keterangannya tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas sebelumnya menyebutkan 1.800 aparatur sipil negara akan dipindah ke IKN pada tahap pertama, Juli 2024.

“Kemudian, nanti (menyusul) 11 ribu. Jadi, kementerian X, misalnya, nanti direktur atau deputinya ini siapa yang pindah (lebih dahulu); sudah disimulasikan,” kata Azwar usai menyerahkan Dokumen Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun di Denpasar, Bali, Senin, dilansir Antara pada 4 September 2023.

Dia menyebutkan jumlah keseluruhan ASN yang akan diboyong ke IKN sudah ditentukan, yaitu sebanyak 16.900 orang, termasuk anggota TNI dan Polri. “Sebelas ribuan itu ASN, selebihnya ini TNI dan Polri. Kemarin baru kami melihat kesiapan dengan jumlah pembangunan tower di IKN, (pindah) Juli tahun depan,” tambahnya.

Presiden berulang kali menyampaikan sikap optimistis bahwa pemindahan ibu kota negara bisa terwujud mulai tahun depan. “Kita harapkan tahun depan kita sudah bisa upacara 17 Agustus, kemerdekaan, di IKN,” kata Jokowi dikutif dari tempo.co saat malam apresiasi di ibu kota baru pada Jumat, 22 September 2023.

Pada saat terakhir kunjungannya ke IKN pada pekan lalu, Jokowi meresmikan pembangunan sejumlah proyek seperti hotel dan pusat pelatihan sepak bola nasional. Ia juga memasang baut di bilah pertama garuda untuk Istana Kepresidenan yang berada di IKN. (rdp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.