Bulan K3 Nasional, Wagub Rosjonsyah Tekankan Ini

oleh -325 Dilihat
oleh
Wagub Bengkulu Rosjonsyah Memberikan Sbutan pada Acara Peringata Bulan K3. ( foto: ist)

Bengkulu,klikinfoberita.com – Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional adalah rangkaian perayaan yang diperingati mulai dari tanggal 12 Januari di Indonesia. Peringatan Bulan K3 Nasional dilakukan setiap tahun sebagai upaya pemerintah dalam mempromosikan K3 kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Menurut Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 244 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024. Peringatan Hari K3 Nasional ditetapkan pertama kali sejak tahun 1984 melalui penerbitan Kepmenaker No. Kep. 13/MEN/1984 tentang Pola Kampanye Nasional K3.

Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah mengatakan, peringatan ini juga bertujuan untuk membentuk budaya K3 agar dapat bekerja dengan nyaman, sehat dan layak. Salah satunya adalah pentingnya mempertahankan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi pekerja di dunia industri.

“Pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya mengusung penyusunan regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, namun yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan,” kata Rosjonsyah pada upacara Bulan K3 di halaman Parkir Bencoolen Mall Bengkulu, 01/02/2024.

Selain itu, sambung Rosjonsyah, juga ada hal yang penting dalam pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya K3 yang baik. Dengan adanya budaya K3 yang unggul maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

“Keberhasilan program K3 akan menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia, sangat menunjang pembangunan nasional peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan serta meningkatkan daya saing nasional di era global,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wagub Rosjonsyah juga mengajak semua pemangku kepentingan melakukan koordinasi, bersinergi dan kolaborasi dalam upaya meningkatkan kemandirian K3 dengan terus menggelorakan K3 di setiap kesempatan baik pada tingkat nasional regional dan internasional maupun pada forum yang strategis.

Dia berharap seluruh lapisan masyarakat baik umum, industri, para cendekiawan, akademisi, organisasi profesi dan asosiasi dan pihak terkait lainnya dapat termotivasi untuk mendukung dan berperan aktif dalam terciptanya pelaksanaan K3 secara mandiri, mengembangkan dan mempromosikan serta membudayakan K3.

“Sehingga tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman dan menuju kecelakaan yang minim guna meningkatkan produktivitas nasional dapat terwujud secara nyata. Semoga peringatan Bulan K3 tahun ini dapat diikuti oleh semua pemangku kepentingan dengan lebih bermakna untuk bersinergi bersama mengedepankan K3 sebagai prioritas bekerja,” harap Rosjonsyah.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transigrasi Provinsi Bengkulu Edwar Happy menambahkan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati hari disahkannya Undang-undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Bulan K3 Provinsi Bengkulu Tahun 2024 di Provinsi Bengkulu dilaksanakan dengan tujuan menurunkan tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman dan efisien untuk mendorong produktivitas serta terwujudnya kemandirian masyarakat berbudaya K3.

“Pelaksanaan kegiatan Bulan K3 Provinsi Bengkulu merupakan komitmen dalam melaksanakan penerapan K3 di wilayah Provinsi Bengkulu. Pemprov Bengkulu dalam mempersiapkan diri menjadi Global City tetap akan memastikan bahwa pelaksanaan K3 di tempat kerja tetap terlaksana dengan baik,” tutup Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Edwar Happy. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.