Uni Eropa Dukung Pemindahan Ibu Kota RI

oleh -655 Dilihat
oleh
Uni Eropa Dukung Pemindahan Ibu Kota RI
Uni Eropa Dukung Pemindahan Ibu Kota RI

Jakarta, Klikinfoberita.com – Duta Besar Uni Eropa (EU) untuk Indonesia Vincent Piket, menyatakan dukungannya terhadap rencana pemindahan ibu kota RI dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Ini adalah negara berdaulat yang memiliki kebijakan berdaulat pula, maka semua misi diplomatik harus mematuhi aturan nasional (Indonesia),” ujar Vincent melalui keterangan tertulisnya,  dalam acara EU Ambassador’s Media Luncheon di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Alaku

Meskipun ia menegaskan kesiapan Misi EU untuk Indonesia untuk pindah ke IKN, jika waktunya tiba nanti, Vincent mengatakan EU akan tetap mempertahankan kantornya di Jakarta.

“Kami harus mencari solusi praktis karena nantinya kami perlu mempertahankan kantor kami di Jakarta untuk urusan bisnis, budaya, konsuler, pendidikan, atau untuk urusan ASEAN,” tutur dia, yang pernah berkunjung ke IKN pada akhir 2021.

“Bagi kami, tentu saja, itu akan menjadi tantangan logistik dan keuangan juga,” kata Vincent.

Sebelumnya, Otorita IKN mengungkapkan 21 negara anggota EU tertarik untuk berinvestasi di IKN.

“Ketertarikan negara-negara Uni Eropa pada pembangunan IKN akan ditindaklanjuti dengan serius supaya harapan pemerintah 80 persen pembiayaan berasal dari investor terpenuhi,” ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Pernyataan itu disampaikan dalam pertemuan antara Otorita IKN dengan sejumlah perwakilan EU yang berasal di antaranya dari Italia, Polandia, Belgia, Hungaria, Rumania, Swedia, dan negara-negara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.