Siapkan Insentif dalam Rangka Memperluas Jaringan 5G

oleh -739 Dilihat
oleh

Bengkulu, klikinfoberita.com- Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan menegaskan bahwa upaya ini bertujuan untuk menjaga ruang digital yang lebih bersih, sehat, dan aman.

“Kami mengawasi konten negatif sesuai dengan tugas dan kewenangan Kementerian Kominfo. Secara khusus, sesuai instruksi Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Ditjen Aptika melakukan take down dan pemutusan akses terhadap situs-situs yang memuat konten perjudian online,” ujarnya di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, dilansir dari situs resmi Kominfo, Rabu (4/10/2023)

Alaku

Dijelaskan oleh Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, selama penanganan konten negatif, Kementerian Kominfo melakukan identifikasi, analisis, dan verifikasi terhadap jajaran situs web, internet protocol (IP), dan aplikasi untuk menjaring sebanyak mungkin konten negatif yang ada di internet.

“Proses analisis dan verifikasi ini telah berhasil menjaring ratusan ribu website, IP, dan aplikasi yang mengandung konten negatif, kemudian dilakukan pemutusan akses,” Imbuhnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Dirjen Semuel menjelaskan pada saat proses identifikasi, analisis dan verifikasi, ada kemungkinan beberapa situs/website yang tidak bermuatan negatif terdampak, sehingga tidak dapat diakses sebagian atau seluruhnya di jaringan internet.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo juga menyampaikan permohonan maaf dan menegaskan komitmennya untuk memperbaiki sistem penanganan konten negatif di internet

“Jadi negara investasi dulu tidak usah bayar sehingga bisa lebih murah operator mau melakukan investasi dalam jumlah yang besar,” ujarnya lagi.

 

“Kami akan bersinergi dengan beberapa operator seluler dan ekosistem industri untuk merumuskan langkah-langkah yang paling baik,” sabu

Sementara itu, demi mewujudkan layanan jaringan internet yang berkualitas melalui perluasan jaringan 5G ini, Budi Arie Setiadi juga berpesan pada ekosistem industri untuk tetap bersaing secara sehat

“Yang penting industri masih sehat dan berkompetisi secara layak,” pungkasnya. (Nz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.