Perpaduan Borobudur dan Prambanan

oleh -311 Dilihat
oleh

KLIKINFOBERITA COM, – Fakta” silpin-silpin Jawa melahirkan Karya Seni arsitektur Nusantara, Dan Tipologi bangunan di pakai sampai belahan ASIA TENGGARA.

Borobudur dibangun tahun 770 Masehi Dan Menurut prasasti Siwagrha, candi pramabanan dibangun pada tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa Kerajaan Medang Mataram.

Alaku

Candi Kamboja dibangun pada 881 Masehi oleh Indrawarman I, raja Kamboja.

Bakong adalah salah salah satu generasi candi pertama Kamboja yang terletak di Hariharalaya (sekarang Rulous), ibukota pertama kerajaan Kamboja.

Kenapa sebuah candi yang terletak jauh dari Jawa terpengaruh arsitektur candi Jawa? Untuk menjawabnya, kita perlu melihat prasasti Sdok Kok Thom.

Prasasti Sdok Kok Thom yang ditemukan di Kamboja bahwa Jayawarman II, pendiri dinasti Angkor Kamboja, dulunya besar dan dididik di Jawa, sebelum ia kembali ke Kamboja. Kerajaan Jawa yang berkuasa saat itu adalah Mataram Kuno yang kekuasannya membentang dari pesisir Kamboja di Barat hingga selatan Filipina di timur (lihat prasasti Manila Bay di Filipina).(ptS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.