Mencegah dan Mengatasi Bunga Es di dalam kulkas (Freezer)

oleh -182 Dilihat
oleh
Bunga es di freezer

KLIKINFOBERITA.COM ,- Freezer di kulkas kamu sering ada bunga es? Kalau iya, jangan khawatir karena ada cara untuk menghilangkannya.

Bunga es atau freezer frost ini biasanya muncul karena adanya kelembapan (cairan) pada freezer yang bersentuhan dengan kumparan evaporator di dalam freezer sehingga terjadilah proses pembekuan.

Alaku

Ada beberapa alasan mengapa ruangan freezer kamu menjadi lembap, di antaranya yaitu membiarkan freezer terbuka terlalu lama, menaruh makanan atau sumber panas di dalam freezer, juga beberapa kerusakan pada gasket atau segel, timer fungsi defrost, dan termostat freezer.

Dilansir dari Reader’s Digest, jika bunga es tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan dampak buruk pada kualitas bahan makanan yang disimpan di dalam freezer. Tak hanya itu, adanya bunga es juga bisa menimbulkan bau tidak sedap serta membuat efisiensi kulkas menurun.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan bunga es yang ada di freezer. Masih dilansir dari sumber yang sama, berikut ini cara membersihkan bunga es di freezer.

Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer
Untuk membersihkan freezer frost ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan dan memutus sumber listrik yang mengalir pada kulkas tersebut terlebih dahulu.

Setelah itu, buka lebar pintu kulkas dan freezer dan tunggu hingga semua es pada dinding freezer meleleh dengan sempurna. Pastikan kamu tidak mencoba untuk mengeruk es tersebut dengan benda tajam.

Bila sudah meleleh dengan sempurna, lap bersih semua cairan di dalam kulkas, dan tunggu hingga kering sempurna. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya kembali seperti biasa.

Tips Mencegah Bunga Es di Freezer
Setelah kamu membersihkan bunga es pada dinding freezer tersebut dengan cara di atas, kamu juga harus memastikan agar bunga es ini tidak kembali timbul. Berikut beberapa tips untuk mencegah dinding freezer supaya tidak membeku.

1. Jangan membuka freezer terlalu lama.

2. Rutin mengecek gasket atau segel pintu freezer atau kulkas.

3. Selalu cek berulang ketika kamu menutup pintu freezer atau kulkas. Pastikan kamu menutupnya dengan sempurna.

4. Pastikan kamu tidak memasukkan makanan panas ke dalam freezer. Hanya makanan yang sudah didinginkan saja yang boleh masuk ke freezer.

5. Jangan tempatkan freezer atau kulkas di samping sumber panas, seperti oven, pengering, atau pemanas air.

6. Berikan jarak di sekeliling freezer atau kulkas.

7. Pastikan pengaturan suhu pada freezer kamu berada di angka yang tepat.

Jika ada bunga es di freezer, pastikan kamu segera membersihkannya ya. Sebab, jika tidak dibersihkan akan menimbulkan sederet dampak buruk. Ini informasinya.

Dampak buruk dari Freezer Frost atau Bunga Es
1. Ruang freezer menjadi menyempit

2. Timbulnya bau tidak sedap di dalam kulkas

3. Membuat makanan yang disimpan menjadi tidak enak

4. Merusak kulkas dalam jangka waktu lama

Itu dia ringkasan mengenai apa penyebab adanya bunga es di freezer, serta cara untuk menangani dan mencegahnya agar tidak timbul kembali. Semoga bermanfaat!…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.