Keris Peninggalan sunan kudus, keris Majapahit.

oleh -451 Dilihat
oleh

KLIKINFOBERITA COM, -Keris adalah nama Asli NUSANTARA.Sumber primer prasasti Karangtengah berangka tahun 824 Masehi. menyebut “keris” dalam,Prasasti Poh (904 Masehi) menyebut “keris” jadi Keris adalah nama Kuno.

Dan Sumber Primer Prasasti Rukam
berangka tahun 829 Saka atau 907 Masehi, ditemukan pada 1975 di Desa Petarongan, Kecamatan Parakan, Kabupaten
Temanggung, Jawa Tengah.

Alaku

“…wsi wsi prakara wadung rimwas
patuk patuk lukai tampilan linggis tatah wangkiul kris gulumi kurumbahgi, pamajha, kampi, dom…”

Keris Indonesia, mendapat pengakuan sebagai karya agung warisan dunia dalam berbagai dimensi kehidupan manusia yakni sebagai kesenangan (hobi) dan kelengkapan pelaksanaan acara adat.

Selain itu juga menunjukkan keunggulan budaya, karena keris merupakan produk kebudayaan sebagai lambang peradaban umat manusia di muka bumi yang mampu bertahan cukup lama mencapai berabad-abad.

Adanya pengukuhan United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) terhadap keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia, memerlukan upaya pelestarian dan memelihara kelangsungan keris.

Prof Nengah Duija menegaskan, keris juga mencerminkan nilai persahabatan (solidaritas) karena dapat digunakan sebagai cenderamata lintas budaya, bangsa dan agama.(ptS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.