Candi Hindu dibangun akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9

oleh -606 Dilihat
oleh
Artefak Emas yang ditemukan di wonosobo (Dieng) memiliki dua tipologi yaitu Emas padat Dan Emas lempengan.Dan jumlah Artefak Emas yang ditemukan kurang lebih dari 40 buah. Tersebar di museum luar negeri maupun dalam negeri.

Klikinfoberita.com, – Kumpulan candi Hindu beraliran Syiwa yang dibangun akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9Bahwa kumpulan candi ini dibangun atas perintah raja-raja dari Wangsa Sanjaya.

Di kawasan Dieng ini ditemukan sebuah prasasti berangka tahun 808 Masehi, yang merupakan salah satu prasasti tertua bertuliskan huruf Jawa kuno, yang masih ada hingga saat ini.

Alaku

Pembangunan Candi Dieng diperkirakan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama yang berlangsung antara akhir abad ke-7 sampai dengan perempat pertama abad ke-8, meliputi pembangunan Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi dan Candi Gatutkaca. Tahap kedua merupakan kelanjutan dari tahap pertama, yang berlangsung samapi sekitar tahun 780 M.

Candi Dieng pertama kali diketemukan kembali pada tahun 1814. Ketika itu seorang tentara Inggris yang sedang berwisata ke daerah Dieng melihat sekumpulan candi yang terendam dalam genangan air telaga.

Pada tahun 1856, Van Kinsbergen memimpin upaya pengeringan telaga tempat kumpulan candi tersebut berada. Upaya pembersihan dilanjutkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1864, dilanjutkan dengan pencatatan dan pengambilan gambar oleh Van Kinsbergen.

Menurut beberapa sumber penjarahan benda Artefak Emas dan Arca tidak terkendali.(ptS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.