pemamfaatan Bunga Telang Dalam P5 di SD Negeri 07 Kota Bengkulu 

oleh -477 Dilihat
oleh
Tim Narasumber dari BPOM dan Puskesmas kampung bali kota Bengkulu

KLIKINFOBERITA. COM –  Peran warna dalam suatu hidangan sangatlah penting. Warna dapat mengindikasikan perasaan manusia terhadap rasa makanan atau minuman.

Konsumen makanan atau minuman dapat menimbang pilihan seperti jaminan rasa dan kualitas dari makanan.

Alaku

Bahan pewarna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah pewarna alami sebab minim efek samping ketika dikonsumsi skala besar

Lalu, apa saja bahan dan manfaat dari pewarna makanan dan minuman alami?

Diskusi peserta didik bersama Tim Narasumber

Pewarna makanan alami merupakan pilihan sehat di samping pewarna makanan buatan. Kandungan dalam pewarna alami lebih jelas dan minim kandungan kimia.

Salah satu pewarna alami yang di gunakan oleh SD Negeri 07 kota Bengkulu dari tanaman Bunga Telang.

Bunga Telang (Clitoria ternatea), yang juga dikenal sebagai Butterfly Pea karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu, adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang sering kali tidak diketahui oleh banyak orang. Tanaman ini diyakini berasal dari Amerika Selatan bagian tengah dan menyebar ke daerah tropis, termasuk Indonesia, sejak abad ke-19. Di Indonesia, bunga telang memiliki beragam nama lokal seperti bunga biru, bunga kelentit, kembang teleng, dan masih banyak lagi. SD Negeri 07 juga memiliki tanaman bunga telang yang terletak di perkarangan kebun kelas III B. Tanaman itu sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan

Minuman segar dari tanaman bunga telang

Manfaat Pewarna Makanan Alami
Dilansir dari laman Culinary Crafts, berikut adalah beberapa manfaat pewarna alami makanan.

1. Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya
Pewarna makanan alami terbuat dari buah-buahan, sayuran, atau rempah-rempah sehingga kandungan dari bahan tersebut sudah jelas dan minim bahan kimia. Selain itu, bahan-bahan tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

2. Warna Lebih Lembut
Sumber-sumber alami pewarna makanan menghasilkan warna yang lebih lembut dan alami dibandingkan pewarna buatan yang menghasilkan warna lebih intens.

Warna yang dihasilkan juga lebih natural dan autentik dapat menambah estetika dalam visual hidangan.

3. Rasa Lebih Enak
Meskipun harus berhati-hati untuk menghindari rasa yang menyengat, pewarna makanan alami dapat menambah rasa tersendiri dalam makanan.

Pewarna makanan alami dapat menghadirkan rasa lebih ringan sehingga rasa utama akan tetap mendominasi.

Jadi, detikers sekarang sudah tahu bahwa bahan pewarna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah bahan pewarna alami.(nz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.